Selasa, 01 Agustus 2017

Sejak lahiran, Ibuk memang belum sempat sharing soal proses persalinan. Yang udah tau cerita Ibuk sih yang pasti Apaknya Haqqi (saksi hidup ini mah, Apak nemenin Ibuk di ruang bersalin. Alhamdulillah gak pingsan :p), dede sama nta (ini mah effective teamnya Ibuk paling yess, langsung dateng ke rs pas tau Ibuk lahiran) sama Nyai nya Haqqi (life support yang gak nemenin proses lahiran tapi ikutan nginep di rumah sakit dan udah Ibuk ceritain panjang lebar proses lahirannya sampai jam 2 pagi). Karena sekarang udah punya tenaga ekstra dan waktu ekstra, si Haqqi juga udah tidur, jadi Ibuk mau sharing sedikit soal 'the day'. 

Hari itu Selasa, 7 Maret 2017, sebenarnya Ibuk udah bikin janji temu sama dokter kandungan besoknya buat ngukur panggul. Ibuk pengen lahiran normal jadi harus ngejalanin tes ini buat mastiin si Haqqi muat atau ga kalo dilahirin secara normal tapi ternyata paginya Ibuk flek, warnanya kecoklatan dan encer. Fleknya muncul pas Ibuk mau solat subuh, sekitar jam 5 pagi. Berasa ngalir pas Ibuk turun dari tempat tidur dan berhenti pas Ibuk beres BAK. Waktu bangun sih udah kerasa perut Ibuk sakit kayak mau dapet, dengan intensitas sekitar 2x lipat lebih sakit (pendapat subjektif ini ya). Alhamdulillah masih sempet solat dan langsung balik lagi ke tempat tidur. Ibuk masih belum ngeh kalau ini kontraksi, kirain sakit biasa karena memang pas udah bulan HPL (Hari Perkiraan Lahir), udah mulai kerasa-rasa perutnya gak nyaman. 

Gak kuat bikin sarapan, Ibuk cuma minta tolong Apak panggangin roti, masuk ke perut 2 tangkup, ditambah 2 sdm madu sama beberapa keping crackers.  Jam 8 lebih Apak Haqqi galau mau berangkat kerja atau nemenin Ibuk di rumah (catatan: Ibuk tinggal berdua sama Apak). Ibuk yakin banget ini cuma kontraksi palsu dan HPL nya juga masih lama.  Waktu itu tanggal 7 Maret dan HPL Ibuk tanggal 20 ke atas. Jadi Ibuk suruh Apaknya Haqqi berangkat ke kantor, kata Apak nanti pulang lagi jam makan siang sekalian bawain Ibuk makan siang. Jadi lah Apak Haqqi berangkat dan Ibuk masih tidur-tiduran di kamar sambil baca buku Dr. Sears (Gambar).
Buku ini salah satu yang bikin Ibuk berani ngadepin lahiran, isinya bagus dan lengkap banget. Ibuk sampe baca berkali-kali sambil ngeyakinin diri biar gak takut gadepin lahiran. Recommended deh buat yang lagi hamil, ada 4 seri: trimester 1,2 dan 3 sama yang ini buat persiapan melahirkan. Jam 7 lebih sakitnya makin kerasa dan semakin sering. Berdasarkan buku Dr. Sears, kontraksinya harus dicatat dan kalau sudah mengalami 6 atau lebih kontraksi dalam satu jam dengan durasi setidaknya 30 detik dan intensitasnya terus meningkat, anda sepertinya sedang bersalin. Kata si Dr. Sears, untuk kelahiran perdana rumus terbaiknya 4:1:1, kontraksi berjarak 4 menit selama 1 menit dan konsisten selama 1 jam atau lebih harus segera ke RS karena persalinan sudah semakin dekat. Lama-lama di RS malah bikin stres dan takut, pengalaman temen Ibuk, dia jadi stres dan gak bisa lahiran normal karena pas lagi nunggu bukaan di ruang bersalin dia sebelah-sebelahan sama yang pas banget lagi lahiran. 
Jam setengah 7 karena kontraksinya makin sering
Ibuk segera ambil buku sama nyalain stopwatch hp buat ngitung durasi dan interval kontraksinya. Ini nih Ibuk masih simpen coretannya, buat kenang-kenangan :p. Jam 7 lebih nyobain tidur tapi ternyata gak bisa. Rasanya segala ada, sakit punggung, sakit perut,pengen BAB, gelisah dan deg-degan (dikit) jadi Ibuk guling2 aja nahan sakit sambil telpon si mamah alias nyai nya Haqqi. Nyai udah di kantor ternyata, dan langsung ngasih hp ke temennya yang bidan. Ibuk cerita lah kalo udah flek dan mulai ngerasain kontraksi, dan si tante nyaranin buat segera ke RS. Ibuk juga masih sms an sama nta yang kayaknya feelingnya kuat banget. Dia mau ke rumah nemenin Ibuk padahal Ibuk belum cerita kalau Ibuk udah mulai kontraksi (love you so much deh pokoknya) tapi akhirnya gak jadi ke rumah karena Ibuk udah keburu berangkat ke RS. Jam 9.40 (catatan terakhir di buku) Ibuk udah gak tahan lagi karena jarak antar kontraksi sudah makin dekat dan Ibuk mulai ngerasa gak nyaman sendirian di rumah, Ibuk telpon Apak biar pulang ke rumah. Alhamdulillah jalanan lancar karena bukan jam sibuk, jadi sekitar 20 menit Apak sudah sampai di rumah. Gedubrakan masuk dengan kondisi motor masih di pinggir jalan (khawatir kayaknya). Ibuk bilang udah pengen ke RS karena mulai gak nyaman. Jadi lah Apak langsung order Gr*bcar karena kondisi udah gak memungkinkan buat pakai motor walaupun RSnya cuma berjarak sekitar 5 menit dari rumah. Alhamdulillah lagi Ibuk udah siapin tas keperluan Ibuk dan Haqqi alias calon bayi yang waktu itu belum ada namanya :p. Jadi pas Gr*bnya dateng kita tinggal ngangkut barang ke mobil dan berangkat ke RS. Sampai di RS jam 11an Ibuk langsung masuk ke IGD dan diperiksa sama bidan jaga. Disuruh ngengkang dan jarinya dimasukkin ke (maaf ya) vagina buat periksa bukaan. Ibuk sih nebaknya bukaan 2 atau 3 tapi ternyata kata si mba bidannya "udah bukaan 5 Bu, mari siap-siap ke ruang bersalin, saya ambil kursi roda dulu ya." Apaaaah? Ibuk liat-liatan sama Apak karena meskipun udah bawa persiapan lahiran Ibuk gak nyangka bakal secepat ini. Hahaha, kita berdua beneran bengong sekitar 10 detik sebelum akhirnya sadar dan Apak segera telpon Nyai Haqqi (mamahnya Ibuk) biar segera pesan tiket pesawat (kebetulan Nyai Haqqi beda kota tinggalnya sama Ibuk). Sementara Apak ngurus administrasi Ibuk dianter pakai kursi roda sama mba bidan ke ruang bersalin dengan membawa seluruh buntelan barang Ibuk dan Haqqi karena Ibuk memang belum sempat check in kamar inap. Jadi lah Ibuk tiduran di ruang bersalin yang waktu itu isinya cuma berdua (ranjangnya ada 4). Beres bersalin baru Ibuk tahu kalau mbak sebelah Ibuk dikuret (yang sabar ya Mba T_T). 

Jam 13.00 Apak masuk ke ruang bersalin bawa makan siang (kalau gak salah buras sama nasi entah apa Ibuk gak inget), tapi yang Ibuk makan cuma buras segigit. Maklum, pas kontraksi rasanya memang kurang nyaman dan gak kepikiran lagi buat makan. Setiap beberapa menit bidan yang tadi nganterin Ibuk ke r. bersalin periksa kondisi Ibuk dan kondisi bukaan. Sekitar jam 14.30 Ibuk dipasangin jarum infus, awalnya Ibuk protes karena ngerasa belum butuh (sotoy ya, hehe) terus kata mba bidannya nanti kalau udah bukaan 10 udah repot dan susah pasang infus. Selama nungguin bukaan lengkap sekitar 2 jam (13.00-15.00) Ibuk ngobrol sama bidan jaga dan Apak biar rileks. Sambil sesekali ngeringis pas kontraksi ^^. Akhirnya saat yang ditunggu-tunggu datang juga. Sekitar jam 15.00 bukaan Ibuk udah lengkap (bukaan 10), jadi bidan yang bertanggung jawab bantuin proses bersalin Ibuk sudah siap-siap (kehamilan Ibuk Alhamdulillah tidak beresiko dan normal jadi yang pegang proses persalinan bukan dokter kandungan). 
Bersambung...

Sampai di sini dulu ya, berhubung udah malem dan udah jadwalnya nyusuin Haqqi, Ibuk sudahi dulu. Besok insya Allah disambung lagi cerita proses bersalin sama nanti Ibuk kasih sedikit tips persiapan melahirkan berdasarkan pengalaman Ibuk biar gak terlalu gedubrakan pas hari-H ya. 
Tungguin postingan selanjutnya ^^

2 komentar: