Minggu, 17 September 2023

    Akhirnya come back  setelah sekian lama ga nulis di blog. Terima kasih pada kehidupan dunia nyata yang udah bikin sibuk hampir 3 tahun belakangan ini. Mulai dari Covid sampe kelahiran anak yang bikin hari-hari jungkir balik namun hati Alhamdulillah tetap full ko. Nah, postingan pertama setelah sekian lama vacuum adalah soal tepung bumbu dari salah satu merk kenamaan alias gampang ditemui di mana-mana, yaitu KOBE. 
    Ibu-ibu yang akrab dengan dunia perdapuran pasti ga asing sama tepung bumbu kan? Itu loh racikan tepung buat bikin gorengan (ayam, ikan, tahu tempe sampe bakwan) yang dibuat pabrik. Udah lengkap mulai dari base tepungnya sampe ke rempah dan penambah rasa. Jadi ga perlu repot, tinggal dicampur air buat adonan basah, trus bahan utama yang mau digoreng tinggal dicemplung ke tepung basah selanjutnya tepung kering dan siap digoreng. Kelebihannya sih simple dan udah pasti enak ya. Kekurangannya ya kalo buatan pabrikya pasti ada bahan-bahan tambahan lain yang belum tentu sesuai sama norma-norma perdapuran ibu-ibu ya (pasti ada penyedap dsb-dsb). Ya, balik lagi pilihan masing-masing. 
    Tapi yang mau Ibuk bahas di postingan kali ini bukan soal itu, melainkan soal tepung bumbu yang GLUTEN FREE alias bebas gluten. Yak, tidak salah baca, BEBAS GLUTEN. 

ini penampakannya si tepung #GLUTENFREE

Jadi kalo belum banyak yang nyadar ya, hampir semua tepung bumbu yang beredar di pasaran itu bahan utamanya terigu. Sementara Ibuk agak kurang akur nih sama produk dari gandum yang satu ini, alias perutnya suka protes kalo dimasukin terigu. Protesnya mulai dari kembung, ga nyaman sampe buang anginnya beraroma kurang syedap gaes (jadi malu deket-deket sama suami 😂😂). Ibuk belum nyoba tes sensitivitas bahan makanan sih, berapa ya kisaran biayanya? yang tau boleh dong dibisikin di komen.
    Nah, karena bebas gluten jadi bahan utamanya pasti bukan terigu ya. Pas ibuk liat komposisinya bahan utamanya adalah tepung tapioka alias tepung pati singkong sama tepung beras. 

komposisinya jelas bukan terigu
Aman buat yang ga akur sama terigu. Jadi sebenernya Ibuk ga sadar pas beli ni tepung. Santai aja gitu waktu masukin ke troli belanja bulanan, ga baca kalo tepung yang Ibuk beli GLUTEN FREE. Yang nyadar malah pak suami, pas dia makan ayam kriuk (baca: ayam goreng tapung) bikinan Ibuk, dia nanya, "tepungnya baru ya, ko lebih enak". Ibuk ambil-lah kemasannya, ternyata komposisinya emang bukan terigu dan depannya ada tulisan BEBAS GLUTEN alias GLUTEN FREE. 




kurang gojreng, ga kebaca kalo cuma diliat sekilas



Saran aja nih ya, buat produsen tepungnya tulisan bebas gluten-nya kurang mencolok alias kurang eyecatching. Padahal harusnya banyak yang bakal beli kayanya, secara lagi ngetren tuh yang namanya diet bebas gluten. Jadi mungkin batch produksi selanjutnya kalo bisa tulisan bebas glutennya digedein dikit atau warnanya dibikin agak mencolok biar kebaca.
     



   
 
Yang pasti sih varian baru dari si Kobe ini ngebantu banget Ibuk di dapur. Tadinya mesti ngaduk tepung sendiri pake tepung yang bebas gluten itu (merk ladang lima ada, dari pati singkong juga kayanya). Sekarang jadi hemat waktu tinggal cemplung. Mana ga perlu bikin adonan basah lagi, makin cinta deh Ibuk 😍. Cara penggunaan lengkap di belakang kemasannya, pokonya ga perlu bikin adonan basah tinggal balur aja si tepung ini ke bahan yang mau digoreng. 
    Rasanya? kalo Ibuk pribadi dan pak suami sih yes! (baca: enak). Buat yang ga terlalu suka kriuknya kebanyakan sih bakal lebih milih ini kayanya. Pas makan ayam goreng yang dibikin pake tepung ini Ibuk keingetannya sam ayam goreng A&W, ya yang jenis-jenis minim kriuk tapi rasa tetep oke. Balik lagi ke selera masing-masing, yang pasti TEPUNG BUMBU PUTIH merk KOBE yang #GLUTENFREE ini sukses bikin Ibuk bahagia karena ga pake ribet dan perut Ibuk ga semrawut karena bebas terigu.
Next
This is the most recent post.
Posting Lama

0 komentar:

Posting Komentar