Senin, 23 Mei 2016

Hampir 3 minggu saya mengadopsi 10 pot tanaman kaktus dari daerah Cibodas. Merawat kaktus adalah perkara yang gampang gampang susah (masih berusaha jangan sampai ada yang mati :)). yang penting cukup kena sinar matahari karena pada dasarnya habitat kaktus memang di daerah kering. Saya lebih memilih meletakkan pot-pot kaktus di jendela agar tidak repot memindahkan kaktus (Gambar 1). 

Gambar 1

Gambar 2
Tapi untuk kaktus yang memang diletakkan di dalam, usahakan dikeluarkan minimal 3 hari sekali. Untuk penyiraman, bisa dilakukan 3 kali seminggu dengan menggunakan botol semprot agar media tumbuhnya tidak terlalu basah, akar kaktus sangat rentan mengalami busuk jika berada di lingkungan yang terlalu lembab. Kaktus juga harus sering dibersihkan batangnya (bisa menggunakan kuas). Bagian batang yang sudah kering biasanya copot sendiri, tapi jika masih menempel bisa dipotong menggunakan gunting. Terakhir, jangan lupa media tanah diberi pupuk dan diganti jika sudah terlalu padat.
Kabar gembiranya, beberapa kaktus sudah memiliki tunas (Gambar 3, 4 dan 5) yang nantinya bisa dipotong dan dipindahkan ke pot yang baru. Here they are...
Gambar 3

Gambar 4

Gambar 5
Saat ini sedang menantikan kaktusnya berbunga dan lebih banyak menghasilkan tunas :).

0 komentar:

Posting Komentar