Senin, 30 Mei 2016

Wajah bersih, halus dan bebas jerawat adalah impian semua wanita. Sayangnya seiring pertambahan waktu, wajah semakin sering bermasalah. Penyebabnya bermacam-macam, bisa jadi hormon saat mengalami pubertas, bakteri karena kurang menjaga kebersihan, polusi dan kotoran karena sering berada di luar ruangan maupun salah memilih produk pembersih wajah.
Saya pun demikian, satu tahun terakhir wajah saya berminyak dan sangat sensitif. Jerawat, komedo dan break out menjadi langganan tetap wajah saya. Setelah gonta ganti pembersih wajah bahkan sempat ke klinik kecantikan akhirnya saya menemukan pembersih wajah alami yang cocok untuk wajah saya.
Saya menggunakan minyak zaitun (lebih bagus yang varian extra virgin olive oil), air hangat dan es batu (Gambar 1).

Gambar 1
Caranya, bersihkan wajah dengan gerakan memutar menggunakan minyak zaitun seperti memakai facial wash biasa. Diamkan sekitar 5-10 menit agar minyak zaitun meresap (bila perlu sambil dipijat untuk melancarkan peredaran darah). 

Gambar 2. minyak zaitun, saya kebetulan pakai yang merk Bertolli. Lebih bagus yang varian extra virgin, tapi yang sekarang sedang saya gunakan adalah yang classico
Setelah itu seka wajah dengan washlap atau handuk lembut yang sudah direndam di air hangat (Gambar 3). Ulangi hingga minyak yang menempel pada wajah bersih sempurna.

Gambar 3. Handuk yang direndam dengan air hangat
Terakhir, kompres wajah dengan es batu untuk meringkas pori. Sebaiknya es batu dibungkus dengan kain tipis agar tidak langsung terkena wajah. Suhu yang terlalu dingin dikhawatirkan akan mempengaruhi pembuluh darah (Gambar 4).

Gambar 4. Es batu yang dibungkus sapu tangan tipis untuk kompres wajah
Berdasarkan pengalaman saya, komedo, jerawat dan break out membaik setelah pemakaian kurang lebih selama 3 bulan (bekas jerawat hampir hilang sempurna dan jerawat hanya muncul saat akan menstruasi). Efek samping: kulit menjadi lebih lembab, tekstur kulit menjadi halus, warna kulit menjadi cerah dan tidak menyebabkan kulit kering. 

0 komentar:

Posting Komentar