Sabtu, 23 Juni 2012

beberapa minggu yang lalu sempat baca majalah ELLE edisi juni 2012. ada satu artikel yang bikin saya senang banget jadi cewek berkewarganegaraan Indonesia. judul artikelnya Threads of Indonesia. di situ diulas soal salah satu warisan bangsa Indonesia berupa kain tenun. mungkin beberapa dari kita kurang begitu mengerti mengenai kain tenun. kain ini berbeda dengan batik yang kain dasarnya udah jadi, dan tinggal ditulis (batik tulis), dicetak polanya, atau dimasukin pabrik buat nyetak pola dengan mesin. nah, kalo si kain tenun Indonesia ini dibuat dengan mesin sederhana secara manual. benang berjenis khusus ditenun hingga menjadi kain yang harganya gak main-main. saya belum memastikan ke tempat pembuatannya yang kebetulan gak begitu jauh dari rumah di kota kelahiran saya. yang jelas harga kain tenun ini mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. kalo saya sendiri cenderung lebih suka kain songket ini dibanding kain tradisional Indonesia lain seperti batik, walaupun sama bagusnya lho.
salah satu contoh motif kain songket di Kota Jambi (dok: pribadi)
salah satu jenis kain tenun yang jadi ciri khas pulau kelahiran saya (Sumatra) yaitu kain songket. ada songket Palembang (Sumatra Selatan) dan ada songket Jambi. waktu itu sempet nguping obrolan ibu-ibu yang bilang kalo harga kain ini untuk yang kain single alias satu kain berikut selendangnya ya kira-kira 2 juta rupiah. sedangkan untuk kain pasangan yang isinya kain perempuan beserta selendangnya plus kain laki-laki berkisar 5 juta rupiah. tapi menurut saya harga segitu sebenarnya masih belum pantas buat ukuran kain yang dijahit dengan benang emas dan dijahit tangan pula. tapi setelah dipikir-pikir lagi, kalo harganya ketinggian kapan saya bisa beli :p. 
selendang kain songket (dok: pribadi)

kain ini teksturnya kasar karna benang yang digunakan memang benang emas berukuran agak besar dibandingkan benang-benang biasa. kalo kata artikel di majalah yang saya baca. kain songket Sumatra memang biasanya dibuat dengan menggunakan benang emas atau perak. untuk masalah keaslian dan berapa karat-nya saya juga kurang begitu mengerti. nah, emas ini menjadi simbol keindahan dan kekuasaan. tekstur kain yang kurang nyaman ini diakali dengan cara langsung menambahkan puring atau dalaman di bagian dalam kain. jadi kalo ada yang beli Songket Sumatra biasanya sudah ada dalaman yang melekat di bahan songketnya berikut tali pengikat di bagian pinggang. katanya lagi kain ini ditenun dengan satu benang saja jadi kalo seandainya benang emasnya ditarik maka bisa didapat gelondongan benang emas lagi yang bisa dijahit ulang kalo seandainya kain dasarnya rusak atau lapuk (kayak model baju wol). 
selayaknya barang bagus, perawatannya juga harus ekstra. ketika membeli kain ini, kita udah bisa sekaligus dapat tempat penyimpanannya, bentuknya tabung segi enam yang cantik banget (bisa dijadiin hiasan dinding sekalian lho!). kain akan digulung dan disimpan di dalam tabungnya ketika sedang tidak digunakan, sebaiknya sisipkan juga beberapa gel atau pelembab pakaian agar tidak berjamur. kain ini gak perlu dicuci, ketika selesai digunakan cukup diangin-anginkan lalu digulung dan disimpan kembali di dalam tabungnya. jangan lupa tiap 3 bulan dikeluarkan dan diangin-anginkan. 
tabung penyimpanan kain songket (dok: pribadi)
kain ini bagus banget dipadukan dengan kemeja atau baju kurung (baju khas suku Melayu). warna emasnya terlihat sangat mewah dan so vintage
selain songket sumatra, banyak juga kain tenun lain di Indonesia seperti kain tenun dari Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, dan Bali. maisng-masing punya ciri khas dan sisi cantiknya sendiri. ngebahas soal warisan budaya Indonesia memang gak akan pernah ada habisnya. jadi, sebelum beli barang-barang bermerk luar negeri, kenapa gak lebih dulu kita coba mix 'n match dengan barang-barang khas negara kita dulu. selamat berburu kain tenun!

0 komentar:

Posting Komentar